All About Nymph & Dryad


"Nymphs"

Makhluk-makhluk anggun bernama nymphs adalah dewa-dewa pemimpin hutan, gua-gua, sungai, dan padang rumput. Dewa ini berwujud gadis-gadis cantik seperti peri dan mengenakan pakaian transparan. Mereka selalu dilibatkan dalam pemujaan terbesar meskipun mereka adalah dewa-dewa kecil. Mereka tidak memiliki kuil yang didedikasikan untuk mereka, tetapi disembah di gua-gua atau ngalau-ngalau dengan persembahan yang terdiri dari susu, madu, dan minyak. Mereka dapat dibagi menjadi tiga kelas berbeda, yaitu, nymphs air, nymphs gunung, dan nymphs pohon atau kayu.

"Nymphs Air - Oceanides, Nereides, dan Naiades"

Persembahan dewa-dewa air merupakan hal umum bagi bangsa-bangsa yang paling primitif. Sungai, mata air, dan air mancur sebuah negara menggambarkan hal yang sama seperti darah yang mengalir melalui arteri dari seluruh tubuh manusia; keduanya menggambarkan unsur hidup, bergerak, membangkitkan hidup, yang tanpanya manusia tidak akan hidup. Sebagian besar negara-negara meraksakan perasaan kasih sayang yang mendalam ke sungai-sungai dan air dari tanah kelahiran mereka. Suku-suku Yunani awal, menganggap sungai-sungai dan mata air masing-masing negara sebagai kekuatan yang membawa berkah dan kemakmuran bagi negara. Hal ini juga karena pesona yang menyertai suara air mengalir menebarkan kekuatannya atas imajinasi mereka.

 "Nymphs Air - OCEANIDES"

Oceanides, atau Nymphs Samudera, adalah anak-anak perempuan dari Oceanus dan Tethys, yang diberkati dengan karunia meramal. Oceanides merupakan penjelmaan dari embusan napas seperti uap halus. Dalam iklim yg hangat, mereka dipancarkan dari permukaan laut, lebih khususnya saat matahari terbenam, dan terdorong ke depan oleh angin malam. Nymphs Oceanides digambarkan sebagi makhluk seperti bayangan dan berkabut, makhluk gelap, dengan bentuk-bentuk mengayun anggun,dan berjubah biru pucat, dan memakai kain seperti kabut tipis.

"Nymphs Air - NEREIDES"

Nereides adalah anak-anak perempuan Nereus dan Doris, dan mereka adalah para nymphs dari Laut Mediterania. Penampilan Nereides sama dgn Oceanides, tetapi kecantikan mereka tidak terbayangkan, dan lebih seperti manusia. Para Nereides memakai jubah hijau pucat yang menggantung longgar. Di kedalaman kosong mereka, mata cair mereka menyerupai air laut terang yang mereka diami. Rambut mereka mengapung sembarangan di bahu dan berwarna kehijauan air itu sendiri yang menambah kecantikan mereka. Para Nereides juga menyertai kereta perang penguasa besar laut, atau mengikuti dalam keretanya.

"Nymphs Air - NAIADES"

Para Naiades adalah para nymphs air tawar, danau, aluran, dan sungai. Ketika pepohonan, tanaman, dan bunga menggunakan makanan mereka untuk perkembangan diri mereka, dewa-dewa ini dianggap oleh orang-orang Yunani sebagai dermawan khusus untuk umat manusia. Seperti semua para nymphs, mereka memiliki karunia meramal, karena alasan ini banyak mata air dan air mancur yang mereka pimpin diyakini manusia yang meminum dari air mereka akan mempunyai kekuatan meramalkan kejadian masa depan. Para Naiades memiliki hubungan yang erat dengan bunga-bunga Nymphae atau lili-air yang memiliki daun lebar berwarna hijau, dan berbentuk mangkuk kuning. Bunga ini mengapung diatas permukaan diatas air, seakan memamerkan keanggunan dan keindahan mereka.

"Dryades atau Nymphs Pohon"

Nymphs pohon mengambul karakteristik dari pohon tertentu yang hidupnya mereka tumpangi, dan dikenal dengan nama Dryad.

Hamadyrades, atau nymphs ek, melambangkan kepribadian mereka yang khas, tenang, dan percaya diri seperti raja hutan yang besar dan agung.

Nymph BIRCH adalah seorang gadis melankonis dengan rambut mengambang, menyerupai cabang-cabang pohon yang tampak pucat dan rapuh yang ia huni.

Nymph BEECH, kuat dan kokoh, penuh semangat dan keriangan, memberikan janji akan cinta setia dan istirahat tenang dengan pipi kemerahan, mata coklat tua, dan bentuk anggun memperlihatkan kesehatan, kekuatan, dan vitalitas dari nymph Beech.

Nymph LINDEN, digambarkan sebagai seorang gadis kecil pemalu dgn gaun abu-abu perak pendek mencapai sedikit di bawah lutut dan menampilkan keunggulan tubuhnya yang terbentuk lembut. Wajah manis dan sepasang mata biru besar, yang muncul untuk melihat Anda dengan keheranan yang menakjubkan dan pemalu; Rambut nymph Linden diikat oleh pita berwarna merah.

Nymph pohon, yang melekat dengan kehidupan pohon yang dia huni, tidak akan ada lagi ketika pohon itu ditebang atau begitu terluka sampai lenyap dan mati.

"Nymphs Bukit dan Gunung"

Nymphs Bukit dan Gunung - NAPAEAE dan OREADES;

Para Napaeae ini adalah para nymphs lembah dan celah-celah gunung yang baik dan lembut yang muncul dalam kereta Artemis. Nymphs Napaeae digambarkan sebagai gadis-gadis cantik dengan tunik pendek mencapai lutut agar tidak menghalangi gerakan mereka yang cepat dan anggun dalam menjalankan pengejaran. Rambut coklat pucat mereka diikat dalam simpul di bagian kepala, beberapa ikal rambut tetap di atas bahu mereka. Para nymphs Napaeae mempunyai sifat pemalu, dan agak seperti frolicsome.

Nymphs OREADES, atau nymphs gunung merupakan sahabat tetap dan utama Artemis. Para Oreades ini berpostur tinggi, anggun, dan berpakaian seperti pemburu wanita. Mereka adlh pengikut setiap pengejaran, dan memburu rusa lembut, kelinci, atau binatang apapun yg mereka temui dijalan.

Nymphs LIMONIADES atau nymphs padang rumput, menyerupai para Naiades dan biasanya digambarkan menari bergandengan tangan dalam sebuah lingkaran.

Hyades, yang digambarkan nyaris serupa dengan Oceanides, merupakan makhluk kedewaan yg memiliki bentuk layaknya awan dan selalu didampingi oleh hujan dan digambarkan selalu menangis.

Meliades adalah para bidadari yang melindungi pepohonan berbuah.

Saat ini Oceanides dan Nereides yang hidup kembali dalam cerita putri duyung yang saat ini masih diyakini oleh para pelaut, sedangkat bidadari bunga dan padang rumput digambarkan sbg kurcaci dan peri-peri kecil, dulu dan hingga saat ini diyakini selalu melakukan pesta tengah malam di hutan dan perkumpulan petani di Irlandia, terutama di bagian barat, dengan teguh meyakini keberadaan para peri dan menyebutnya "orang-orang baik"

Di zaman modern, menghidupkan alam raya dengan gambaran yang teliti merupakan gagasan yang menarik bukan? :)

Nymph air, Naiades muncul di film Narnia VDT;

Tau adengan ini? banyak bunga lili? ya! karena nymphs Naiades mempunyai hubungan yang erat dengan bunga lili!

Ingat dengan adegan di Narnia PC ini? yap! ini namanya Nymph River God yaitu sebutan nymph air untuk jenis lelaki. 

Nymph air dan nymph pohon sangat berbeda. bentuk dan wujudnya juga berbeda.
Q: "River God bukan jenis tersendiri?" A: masih sejenis nymph air, tapi dia sosoknya laki-laki. kalo yang perempuan itu Naiad.
2 tanda kehidupan nymphs Naiad di Narnia VDT; 1. Airnya tawar/manis (saat Eustace minum air) 2. Bunga Lili (saat Caspian dkk naik perahu kecil).

Hamadryad pertamakali muncul di buku The Magician's Nephew. yang menciptakan Aslan dengan nyanyiannya saat menciptakan Narnia.

Para Dryad muncul di semua judul buku Narnia; MN, LWW, HHB, PC, VDT, SC, dan LB.

Dryad muncul pertama kali di Narnia LWW diadegan pada saat Pevensie sampai di Aslan's Camp, dan Lucy melihat Dryad.
 

Para Dryad terluka dan mati di judul buku LB, akibat para bangsa Calormen menebang pepohonan yang disuruh oleh kera bernama Shift.

Para Dryad juga mati di judul buku PC, saat bangsa Telmarines menebang pohon untuk dijadikan senjata.

Dryad yang hidup dipohon Ek, atau disebut juga dengan Hamadryad.

Melihat sosok Hamadryad lebih dekat..

Sudah tahu tentang Nymph & Dryad? :)

by B&L
Narnia of Indonesia


 

©Copyright 2011 Narnia of Indonesia | TNB