The Blitz 1940 (Bagian 2 - Urutan Perang Dunia II)




Ini adalah urutan The Blitz 1940 berdasarkan bulan dan tanggalnya. Informasi ini saya ambil hanya berdasarkan kejadian yang di alami Inggris raya. Informasi dari wikipedia.com.

---
Januari 1940

Tgl. 7:  Penjatahan makanan pokok diresmikan di Britania.
Tgl. 21:  Sebuah U-Boat menenggelamkan kapal perusak Britania HMS Exmouth; 135 kru tenggelam.

Februari 1940

Tgl. 5:  Britania dan Perancis memutuskan berunding di Norwegia untuk memutuskan perdagangan bujih besi dengan tujuan mencegah pendudukan Jerman dan membuka rute untuk menyerang Finlandia. Operasi ini dimulai sekitar tanggal 20 Maret.
Tgl. 14: Pemerintah Britania meminta sukarelawan berjuang di Finlandia.
Tgl. 16: Kapal perusak Britania HMS Cossack memindahkan 303 POW Britania dari angkutan Altmark Jerman di perairan teritori netral Norwegia.

Maret 1940

Tgl.16: Penyerangan udara Jerman di Scapa Flow menyebabkan kematian warga sipil pertama Britania.
Tg. 18:  Britania dan Perancis membuat perjanjian formal bahwa kedua negara akan mencari perdamaian dengan Jerman.

April 1940

Tgl. 9: Jerman menyerang Denmark dan Norwegia; Denmark menyerah. Jerman mendarat di beberapa pelabuhan Norwegia dan menduduki Oslo; pasukan Norwegia secara langsung menyerah. Britania memulai Kampanye Norwegia mereka.
Tgl. 11:  Pertempuran Narvik Pertama, kapal perusak dan pesawat Britania berhasil membuat serangan mendadak terhadap kapal-kapal besar Jerman. Serangan kedua pada 13 April juga merupakan keberhasilan Britania.
Tgl. 12: Tentara Britania menduduki Kepulauan Faroe Denmark.
Tgl. 13: Tentara Britania dan Perancis mulai mendarat di Namsos dan Harstad di Norwegia.
Tgl. 14: Kode Enigma dipecahkan oleh grup orang pintar di Taman Bletchley di England.
Tgl. 15: Tentara Britania mendarat di Narvik, Norwegia.
Tgl. 16: Pendaratan Britania lainnya di Norwegia, khususnya di Trondheim, pendudukan Trondheim berlanjut hingga tanggal 22.
Tgl. 27: Tentara Britania meninggalkan Norwegia.

Mei 1940

Tgl. 5: Pemerintah terusir Norwegia dibentuk di London.
Tgl. 9: Persyaratan di Britania diperpajnang hingga usia 36 tahun.
Tgl. 10: Jerman menyerang Belgia, Perancis, Luksemburg dan Belanda; Winston Churchill menjadi Perdana Menteri Britania Rayasetelah pengunduran diri Neville Chamberlain. Britania Raya menyerang Islandia.
Tgl. 11: Churchill menawarkan bekas Kaiser Wilhelm II, yang tinggal di Belanda sebuah pengungsian di Britania Raya; ia menolak.
Tgl. 13: Pemerintah terusir Belanda dibentuk di London.
Tgl. 13: Ratu Wilhelmina dari Belanda terbang menuju pengungsiannya di Britania Raya.
Tgl. 14: Churchill meminta Presiden Roosevelt dan Kanan untuk bantuan pada masa-masa kelam itu. Koalisi Britania baru, yang meliputi anggota Partai Buruh, Liberal, dan Konservatif, dibuat umum.
Tgl. 16: Churchill mengunjungi Paris dan mendengar bahwa perang Perancis semakin baik semakin berakhir; Britania Raya berdiri sendiri di Eropa.
Tgl. 23: Oswald Mosley, pemimpin fasis pra-perang britania, dipenjara; ia dan istrinya akan menghabiskan waktunya di penjara.
Tgl. 24: Britania membuat keputusan akhir untuk mengakhiri operasi di Norwegia.
Tgl. 25: Pasukan Sekutu, Britania dan Perancis, mundur ke Dunkirk. Hitler secara misterius memerintahkan penghalangan terhadap serangan Jerman kepada kepala pesisir pantai Sekutu.
Tgl. 25: Pengeboman Luftwaffe menyebar di England.
Tgl. 30: Pertemuan Kabinet Britania Darurat: Churchill memenangkan pemilihan untuk melanjutkan perang, menentang pernyataan oleh Lord Halifax dan Chamberlain.

Juni 1940

Tgl. 2: Pasukan terakhir Britania du Norwegia pulang; kerusakan yang dialami kedua sisi cukup parah.
Tgl. 3: Hari terakhir Operasi Dynamo. 224.686 tentara Britania dan 121.445 tentara Perancis dan Belgia telah dievakuasi.
Tgl. 7: Kapal Jerman Gneisenau dan Schanhort menenggelamkan kapal pengangkut pesawat HMS Glorious dan dua kapal perusak di lepas pantai Norwegia; kapal Britania tidak memiliki penjaga udara.
Tgl. 10: italia mengumumkan perang terhadap Perancis dan Britania Raya: Norwegia menyerah. Raja Haakon terbang ke pegunungan dan dievakuasi dari Britania.
Tgl. 17: Tenggelamnya kapal pesiar RMS Lancastria di lepas pantai St Nazaire ketika digunakan sebagai kapal tentara Britania—bencana maritim terburuk Britania sejak Perang Inggris-Belanda.
Tgl. 28: Jenderal De Gaulle diakui oleh Britania sebagai pemimpin Perancis Merdeka.

Juli 1940

Tgl. 2: Hitler memerintahkan persiapan rencana penyerangan ke Britania, dengan kode Operasi Sealion.
Tgl. 4: Penghancuran armada Perancis di Mers-el-Kébir, Aljazair oleh Angkatan Laut Kerajaan; pemerintah Perancis Vichy memutuskan hubungan diplomatik dengan Britania sebagai protes. Di Alexandria, Perancis setuju untuk membebaskan kapal perang Lorraine dan beberapa kapal kecil dari kekuasaan militer.
Tgl. 10: Pertempuran Britania dimulai dengan razia Luftwaffe terhadap perkapalan di kanal.
Tgl. 16: Hitler memberikan pasukannya arahan untuk penyerangan ke Britania Raya, Operasi Sealion.
Tgl. 21: Pemerintah terusir Cekoslovakia tiba di London. USSR secara formal menganeksasi negara-negara Baltik - Lithuania, Latvia, dan Estonia.
Tgl. 23: "Penjaga Tanah Air" Britania: secara resmi dibentuk, menutup kesempatan lelaki yang muda dan yang dianggap tidak pantas melayani angkatan bersenjata reguler.

Agustus 1940

Tgl. 1: Hitler menetapkan 15 September sebagai tanggal Operasi Sealion, penyerangan ke Britania.
Tgl. 4: Pasukan Italia dibawah Jenderal Guglielmo Nasi menyerang Somaliland Britania selama Kampanye Afrika Timur.
Tgl. 5: Cuaca buruk di Channel menyebabkan penundaan penyerangan ke Britania Raya.
Tgl. 13: "Adler Tag" atau "Hari Elang". Goering memulai penyerangan dua minggu terhadap pangkalan udara Brutania dengan persiapan untuk invasi. (Bagi sejumlah sejarawan Jerman, ini adalah awal "Pertempuran Britania."
Tgl. 14: Ilmuwan Britania, Sir Henry Tizard, pergi ke Amerika Serikat dalam Misi Tizard, memberikan Amerika beberapa teknologi rahasia Britania termasuk magnetron, alat rahasia di jantungradar. Radar telah membantu pertahanan Britania.
Tgl. 14: Pertukaran kapal perusak/basis antara AS dan Britania berjalan.
Tgl. 16: Pertempuran Britania berlanjut; Jerman kehilangan 76 pesawatnya, sementara Britania 35 pesawat.
Tgl. 16: Draf pertama perdagangan kapal eprusak/basis oleh AS dan Britania dijadikan umum.
Tgl. 17: Hitler mengumumkan blokade Kepulauan Britania.
Tgl. 18: Pertempuran hebat di Pertempuran Britania; 67 pesawat Jerman ditembak jatuh.
Tgl. 19: Pasukan Italia menduduki Berbera, ibukota Somaliland Britania, yang menyelesaikan penyerangan ke koloni Britania. Setelah mencaplok Somaliland Britania, Italia memulai sejumlah razia lintas-perbatasan kecil ke Sudan dan Kenya Britania.
Tgl. 20: Italia mengumumkan blokade terhadap pelabuhan Britania di wilayah Mediterania.
Tgl. 24: Pesawat Jerman secara tidak sengaja mengebom London, dan memutuskan masa depan Pertempuran Britania.
Tgl. 25: Churchill memerintahkan pengeboman Berlin sebagai balasan pengeboman malam di London.
Tgl. 26: Kedua London dan Berlin dibom, Berlin untuk pertama kalinya.
Tgl. 30: Pengeboman England berlanjut; London dibom lagi sebagai balasan pengeboman Berlin; dan, menjadi awal "Serangan London."
Tgl. 31: Serangan Luftwaffe terhadap pangkalan udara Britania berlanjut, juga London.

September 1940

Tgl. 2: Perjanjian Kapal Perusak untuk Basis selesai. Britania mendapat 50 kapal perusak dengan balasan memberikan Amerika Serikat izin tanah di berbagai wilayah Britania untuk pendirian basis laut dan udara AS, dengan penyewaan gratis selama sembilan puluh sembilan tahun.
Tgl. 3: Hitler menunda penyerangan ke Britania, karena Luftwaffe gagal menerobos pertahanan Britania. Kekhawatiran invasi berikutnya berlanjut, bagaimanapun, untuk menghantui Britania.
Tgl. 7: Dalam salah satu salah penghukuman besar perang, Luftwaffe memindahkan perhatiannya Ke London, jauh dari pangkalan udara RAF. Kesuksesan dicapai dengan sekitar 2.000 warga sipil tewas. Kota-kota Britania lainnya juga diserang.
Tgl. 15: Penerbangan pengeboman Jerman besar-besaran di kota-kota England; kebanyakan dikendalikan. RAF mulai mengklaim kemenangan pada Pertempuran Britania.
Tgl. 16: Italia meraih kemenangan di perbatasan Libya/Mesir, pertama di Sollum, kemudian Sidi Barrani. Keduanya terletak enam puluh mil di dalam Mesir. Britania, menurut rencana, mundur 80 mil hingga ke sebuah desa kecil, Mersa Matruh. Kedua sisi menunggu selama beberapa bulan.
Tgl. 23: Pasukan Perancis dan Britania melakukan pendaratan di Dakar, Afrika Barat, angkatan laut Perancis Vichy menyerang secara tersebar selama dua hari, dan ekspedisi tersebut ditutup.

Oktober 1940

Tgl. 2: Pengeboman London berlanjut sepanjang bulan.
Tgl. 12: Penyerangan Jerman ke Britania apapun ditunda hingga Musim Semi 1941 paling awal.
Tgl. 13: Warga sipil Britania masih banyak yang dibunuh oleh bom Jerman melalui serangan yang dilakukan secara signifikan.

November 1940

Tgl. 4: Presiden Roosevelt menang pada putaran ketiga. Britania melihat peristiwa ini sebagai bantuan yang lebih dari AS.
Tgl. 7: Sudah jelas bahwa Irlandia akan menolak pemberian izin Britania Raya mengenai penggunaan pelabuhannya sebagai basis laut.
Tgl. 11: Angkatan laut Britania melancarkan serangan terhadap pasukan Italia di Taranto. Pengebom dari HMS Illustrious merusak tiga kapal perang, dua kapal jelajah dan berbagai kapal angkut. Peristiwa ini menjaga jalur angkutan Britania di Mediterania. Kesuksesan Britania dipelajari oleh militer Jepang dalam penyerangan ke Pearl Harbor.
Tgl. 13: Molotov bertemu Hitler kembali menanyaka persetujuan pendudukan Finlandia, tetapi Hitler menghentikan semua serangan untuk menumbuhkan pengaruh Soviet di Eropa. Ia melihat Britania mengalahkan dan memberikan India kepada Uni Soviet.
Tgl. 15: Uni Soviet diundang untuk bergabung dengan Pakta Tripartite dan berbagi sisa Kerajaan Britania. Perkampungan Yahudi Warsawa dipindahkan dari seluruh kota.
Tgl. 16: Churchill meminta beberapa tentara Britania di Afrika Utara dikirim ke Yunani, berlawanan dengan pemimpin militernya yang menyatakan bahwa mereka diutuhkan dalam kampanye melawan Italia di Afrika Utara.
Tgl. 21: Pemerintah terusir Belgia di Britania, mengumumkan perang terhadap Italia.
Tgl. 30: Sebuah serangan bom besar di Southampton di selatan England; kota itu diserang kembali pada malam berikutnya, kemudian Bristol yang kedua, dan Birmingham yang ketiga.

Desember 1940

Tgl. 1: Serangan bom terjadi sepanjang bulan antara Jerman dan Britania. Pertama giliran Jerman, kemudian Britania.
Tgl. 1: Joseph P. Kennedy, Duta Besar AS untuk Britania Raya diminta mengundurkan diri oleh presiden Roosevelt setelah ia memberikan wawancara suratkabar yang menyatakan bahwa "Demokrasi berakhir di England".
Tgl. 6-9: Operasi Compass: Pasukan Gurun Barat Britania memulai pertahanan terhadap serangan Italia di Afrika Utara. Serangan awal dilancarkan kepada lima kamp Italia di celah selatan Sidi Barrani. Pasukan Italia mundur hingga Bardia, di perbatasan Libya/Mesir.
Tgl. 12: Pada waktu itu hampir 39.000 tentara Italia ditangkap. Britania pindah ke Libya.
Tgl. 16: Britania ditugaskan di Sollum, untuk menduduki Benteng Capuzzo di Libya.
Tgl. 29: Serangan udara besar Jerman di London; Katedral St. Paul mengalami kerusakan.
Tgl. 29: Britania pindah ke Bardia, Libya.

---

Jika kalian ingin mengetahui informasi menyeluruh tentang Perang Dunia II pada tahun 1940 ini, kalian bisa langsung mebuka website dibawah ini.



 

©Copyright 2011 Narnia of Indonesia | TNB